1.
Pengertian Perencanaan Pembelajaran
Ada beberapa pendapat menurut para ahli, diantaranya:
a.
Herbert
Simon- (1996)
Perencanaan adalah sebuah proses pemecahan masalah, yang bertujuan
adanya solusi dalam suatu pilihan.
b.
Gordon
Rowland- (1993)
Perencanan bukan hanya membantu untuk mencipkan solusi tapi juga
membantu untuk lebih
memahami permasalahan itu sendiri, jadi sebuah usulan lebih diutamakan dibanding informasi awal. Proses perencaan menggiring kita untuk berfikir kembali atau merangkai masalah kembali.
memahami permasalahan itu sendiri, jadi sebuah usulan lebih diutamakan dibanding informasi awal. Proses perencaan menggiring kita untuk berfikir kembali atau merangkai masalah kembali.
Perencanaan
membantu kita melihat masalah dalam pemikiran yang baru, pandangan yang berbeda
dari yang lain, dan lebih baik dalam memahami masalah yang kompleks menjadi
lebih sederhana.
c.
Cristoper
Clark- (1995)
Baginya
guru adalah perencana, jadi guru yang profesional, aktif, siap untuk memberikan
pembelajaran dan dengan cara penyampaian yang unik adalah guru yang punya
perencanaan baik.
Jadi, kesimpulan yang dapat kita ambil dari pendapat para ahli
diatas adalah bahwa perencanaan merupakan suatu proses pemecahan masalah untuk
mendapatkan hasil yang lebih baik.
Pengertian perencanaan pembelajaran:
a. . Branch- (2002)
Suatu sistem yang berisi prosedur untuk mengembangkan pendidikan
dengan cara yang konsisten dan reliable.
f.Ritchy
Ilmu yang merancang detail secara spesifik untuk pengembangan, evaluasi dan pemeliharaan situasi dengan fasilitas pengetahuan diantara satuan besar dan kecil persoalan pokok.
Ilmu yang merancang detail secara spesifik untuk pengembangan, evaluasi dan pemeliharaan situasi dengan fasilitas pengetahuan diantara satuan besar dan kecil persoalan pokok.
g. Smith & Ragan-
(1993) Proses sistematis dalam mengartikan prinsip belajar dan
pembelajaran kedalam rancangan untuk bahan dan aktifitas pembelajaran. (1999) Proses
sistematis dan berfikir dalam mengartikan prinsip belajar dan pembelajaran
kedalam rancangan untuk bahan dan aktifitas
pembelajaran, sumber informasi dan evaluasi.
pembelajaran, sumber informasi dan evaluasi.
h. Zook- (2000)
Proses berfikir sistematis untuk membantu pelajar memahami
(belajar).
Definisi lain mengenai Perencanaan Pembelajaran adalah proses membantu
guru secara sistematik dan menganalisis kebutuhan pelajar dan menyusun kemungkinan
yang berhubungan dengan kebutuhan.
2.
Fungsi Perencanaan pembelajaran
Oemar
Hamalik (2001) mengemukakan bahwa pada garis besarnya perencanaan pembelajaran berfungsi sebagai
berikut:
a. Memberika guru pemahaman
yang elbih jelas tentang tujuan pendidikan sekolah dan hubungan dengan
pembeljaran untuk mencapai tujuan itu.
b. Membantu guru pemperjelas
pemikiran tentang sumbangan pembelajarannya terhadap tujuan pendidikan.
c. Menambah keyakinan guru
atas nilai-nilai pembelajaran yang diberikan dan prosedur yang digunakan.
d. Membantu guru dalam
mengenal kebutuhan-kebutuhan siswa, minat siswa dan mendorong motivasi siswa.
e. Membantu guru memelihara
kegairahan mengajar dan senantias memberikan bahan-bahan yang update pada
siswa.
f. Maka tujuan yang paling
mendasar dari sebuah perencanaan pembejaranadalah sebagai pedoman atau petunjuk
guru serta mengarahkan dan membimbing kegitan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan beberapa kepentingan tersebut,
tujuan dan manfaat pembelajaran antara lain adalah:
g. Sebagai landasan pokok bagi
guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator yang telah
ditetapkan.
h. Memberikan gambaran
mengenai acuan kerja jangka pendek
i.
Karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem
memberikan pengaruh terhadap pengembangan individu siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar